Udah Lama Pacaran Tapi Gak Berani Kenalin Doi ke Orangtua? Cupuuhhh!

Oleh:   yosuadaniel yosuadaniel   |   2/08/2017
Udah Lama Pacaran Tapi Gak Berani Kenalin ke Orangtua? Cupuuhhh!
Kalian udah cukup lama berpacaran, dan kamu merasa udah saatnya membawa cewekmu ke rumah untuk dikenalkan pada keluarga besar.

Mengenalkan pacar kepada keluarga memang bikin deg-degan, dan bisa jadi bikin canggung semua pihak yang terlibat. Nggak cuma pacar kamu aja yang gugup, tapi orang tuamu mungkin juga bingung mau ngobrol apa dengan si dia.

Kamu harus ingat: tujuan pertemuan ini adalah untuk memberikan kesan yang baik terhadap pacarmu. Kamu harus membantunya berusaha, bukan sekedar mengenalkan lalu berharap pacar kamu bisa diterima dengan sendirinya.

Makanya, berikut ini adalah tips yang bakal bikin perkenalan antara pacar dan orang tua kamu bisa berjalan lancar dan nyaman yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

1. Sempatkanlah Waktu Untuk Mewawancarai Pacar Mengenai Kesukaan Maupun Hal Yang Tidak Disukai Orang Tuanya

Sempatkanlah Waktu Untuk Mewawancarai
Satukan pikiran kalian sebelum berhadapan dengan orang tuanya via images.huffingtonpost.com
Sebelum maju ke medan perang, kamu harus tahu siapa yang bakal kamu hadapi. Untungnya, dalam ‘peperangan’ kali ini kamu memiliki sumber intel yang terpercaya dan bisa diandalkan kredibilitas informasinya: pacarmu. Jadi sebelum maju bertemu orangtuanya, pastikan kamu memiliki pengetahuan yang memadai tentang mereka.

Cari tahu apa yang mereka suka, tidak suka, atau hal yang sama sekali tidak bisa mereka toleransi. Pengetahuan tersebut penting artinya untuk dapat membawa diri, membangun percakapan, dan menghindari kesalahan ketika nantinya kamu bertemu dengan mereka. Dengan modal pengetahuan ini, kamu bakal lebih mudah ‘menavigasikan’ pembicaraanmu dengan mereka sehingga kalian gak bakal mati gaya.

2. Pastikan Kamu Udah Siap

Pastikan Kamu Udah Siap
Udah siap? Yang pasti ibu kamu udah siap buat nimang cucu via www.askmen.com
Cewek akan mengartikan undangan makan bersama calon mertua sebagai tanda bahwa kamu serius dengan dia. Orang tuamu pun akan berpikir hal yang sama. Jadi sebelum kamu membawa dia ke rumah, pastikan kamu sudah benar-benar siap. Pastikan juga telinga kamu siap menyambut pertanyaan semacam, “Jadi, kapan nih undangannya disebar?” dari oom, tante, sepupu, sepupu jauh, kakek, nenek, sanak famili dan handai taulan.


3. Pilihlah Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung

Pilihlah Waktu Yang Tepat Untuk Berkunjung
Jangan berkunjung kemalaman, nanti muka bapaknya bisa masam begini via i.ytimg.com
Supaya kunjungan pertamamu sukses, penting untuk mempertimbangkan waktu berkunjung yang tepat. Sesuaikan waktu kunjungan dengan kesibukan orang tua pacarmu. Temukan waktu yang tepat dan kondusif untuk mengadakan pembicaraan yang bersahabat, akrab, dan tidak terburu-buru. Jangan berkunjung ketika orang tua pacarmu dalam keadaan letih atau hendak berpergian.

Tentu saja pacarmu juga harus memberitahukan terlebih dahulu perihal kedatanganmu kepada orang tuanya. Kebanyakan orang tua tidak akan senang dengan kunjungan pacar anaknya secara tiba-tiba. Karena sama saja dengan kamu, orang tua pacarmu juga butuh persiapan hati untuk bertemu orang yang telah mengambil hati anaknya.

4. Sarankan Pacar Anda Untuk Bersikap Sopan

Sarankan Pacar Anda Untuk Bersikap Sopan
Pegangan tangan di bawah meja bisa dicoba kali ya via media-cache-ec0.pinimg.com
Jika anda ingin pertemuan pacar dan orang tua anda sukses, maka anda perlu menyarankan pacar anda untuk berpenampilan dan bersikap sopan dihadapan mereka. Semua orang tua menginginkan semua yang terbaik untuk anaknya begitu juga dengan pasangan, nah jika mereka sudah melihat bahwa pacar anda bisa bersikap sopan maka mereka juga akan menganggap bahwa pacar anda memiliki kepribadian yang baik dan merasa bahwa dia adalah orang yang tepat untuk anda.

Tidak hanya bersikap yang sopan saja, tetapi anda juga perlu mengingatkannya agar tidak lupa salam ketika pertama datang dan pulang. Bersalaman memanglah mudah, namun jangan salah terkadang bersalaman merupakan satu hal yang kerap kali terlupakan. Ketika pacar anda bersalaman dengan orang tua anda maka anda telah menempatkan dia di hati orang tua anda. Ketika memperkenalkannya pun anda bisa memberikan sedikit sanjungan kepada orang tua anda, misalkan nama pacar anda Dani, "Dani perkenalkan yang ganteng ini adalah ayah aku" dan lain sebagainya. Namun, ingat jangan terlalu berlebihan.

5. Jangan Ragu-Ragu Menawarkan Bantuan

Jangan Ragu-Ragu Menawarkan Bantuan
Selalu siap membantu kalau dibutuhkan via i.huffpost.com
Ketika melihat ibunya, bapaknya, atau pacarmu sendiri kerepotan atau mengalami kesulitan, jangan ragu-ragu untuk menawarkan bantuanmu. Jangan diam saja. Berdiam diri hanya akan membuat situasi tambah canggung. Walaupun akhirnya tawaranmu ditolak, paling tidak kamu sudah menunjukkan keinginanmu untuk membantu. Pasti keinginanmu tersebut akan lebih dihargai.

Itulah beberapa tips ampuh untuk memperkenalkan pacarmu ke orangtua kamu, semoga sukses.

Mau tulisanmu dipublikasikan di zeebs.id? Ayo kirimkan artikel kamu ke zeebs.id@gmail.com

Tampilkan Komentar