Kenapa Anak Muda Sering Tidur Sampai Jam 8 Pagi? Inilah Penjelasannya Secara Ilmiah!

Oleh:   yosuadaniel yosuadaniel   |   2/03/2017
Kenapa Anak Muda Sering Tidur Sampai Jam 8 Pagi?
Kalau kamu merasa bahwa bangun pagi itu penuh perjuangan, kamu gak sendirian. Semua anak muda atau dewasa muda mengalaminya.

Bukan masalah mampu bangun pagi atau gak, tapi merasa "nyaman" bangun pagi atau gak.

Ternyata penelitian ilmiah mampu menjelaskan kenapa kita gak benar-benar merasa 100 persen nyaman ketika harus bangun sebelum jam 8 pagi.

Anak muda, termasuk kamu, membutuhkan 8 sampai 10 jam tidur untuk memiliki fungsi tubuh dan perkembangan biologis yang baik.Kenapa Anak Muda Sering Tidur Sampai Jam 8 Pagi?

Parameter tidur yang cukup bagi kamu sebagai anak muda itu selama 8 sampai 10 jam pada malam hari. Itulah waktu yang dibutuhkan tubuhmu untuk memperbaiki semua sel yang rusak dan melakukan perkembangan tubuh yang optimal.

Anak muda rata-rata gak merasa mengantuk sebelum jam 22:45 malam.

Kenapa Anak Muda Sering Tidur Sampai Jam 8 Pagi?
Kamu pasti setuju kan kalau kegiatanmu pada hari itu gak capek-capek banget, kamu gak akan merasa mengantuk di bawah jam 22:45 malam. Kamu kesulitan tidur bukan karena kebanyakan main gadget atau hal lain. Justru kamu main gadget karena kesulitan tidur sebelum jam 22:45 malam, sementara gak banyak hal lain yang bisa dilakukan di jam segitu.

Kalau memang wajarnya kamu tidur sekitar jam 23:00 malam, kamu juga harusnya diwajarkan bila baru bangun jam 8 pagi. Karena kamu butuh tidur minimal 8 jam.

Permasalahan anak muda mengenai ketidaksanggupan bangun sebelum jam 8 pagi itu persoalan biologis manusia, bukan sikap dan perilaku.

Kenapa Anak Muda Sering Tidur Sampai Jam 8 Pagi?
Alasan biologisnya cukup jelas, karena tubuh benar-benar butuh 8 sampai 10 jam untuk memproses perbaikan dan perkembangan sel. Sementara anak muda wajarnya baru merasa mengantuk sekitar jam 23:00 malam. Ini persoalan biologis, bukan karena anak muda malas atau suka membangkang.

Perkembangan biologis pada otak anak muda mengalami konflik yang kuat dengan jam mulai pelajaran sekolah atau waktu masuk kantor.

Kenapa Anak Muda Sering Tidur Sampai Jam 8 Pagi?
Hasil penelitian sudah jelas menunjukkan tentang kebutuhan istirahat para anak muda serta para pelaku fase usia lainnya. Namun, sistem yang berlaku di masyarakat, baik sekolah maupun perkantoran belum menyadari ini. Padahal ini untuk kepentingan mereka sendiri dan produktivitas yang meningkat.

Banyak anak muda gak mampu mengontrol kapan mereka siap untuk bangun pagi dan berisiko terhadap konsekuensi kekurangan tidur.

Kenapa Anak Muda Sering Tidur Sampai Jam 8 Pagi?
Karena kacaunya jam istirahat akibat kurang dari yang seharusnya, bangun tidur seringkali membutuhkan bantuan bagi kebanyakan orang. Baik itu dengan bantuan orang lain, alarm, perlakuan khusus dan lain sebagainya.

Di samping meneliti tentang reaksi biologis dalam kegiatan tidur, tim peneliti juga mengembangkan ide cara mempercepat tidur nyenyak bagi para anak muda.

Kenapa Anak Muda Sering Tidur Sampai Jam 8 Pagi?
Banyak cara untuk membuatmu tidur nyenyak lebih cepat dan efektif. Namun, cara-cara di atas dapat merangkum kesemuanya. Coba saja satu per satu pada malam yang berbeda agar gak merasa bosan.

Sekolah dan kantor yang telah mengubah jam masuknya menjadi lebih siang menunjukkan peningkatan performansi siswa serta pegawainya.

Kenapa Anak Muda Sering Tidur Sampai Jam 8 Pagi?
Sudah banyak terbukti sekolah dan perkantoran di seluruh dunia mengubah jam masuk mereka menjadi lebih siang, hal tersebut membuat siswa dan pegawainya lebih semangat dan produktif.

Banyak negara sudah menerapkan jam masuk sekolah dan kantor menjadi lebih siang, mereka berani mengubah sistem yang sudah berlaku bertahun-tahun sejak dulu, perubahan demi tujuan yang baik seringkali akan membawa hasil yang baik pula.

Kalau di Indonesia bagaimana? Mau pilih punya siswa dan pegawai yang ngantuk saat beraktivitas? Atau lebih memilih siswa serta pegawai yang semangat, sehat dan produktif?

Mau tulisanmu dipublikasikan di zeebs.id? Ayo kirimkan artikel kamu ke zeebs.id@gmail.com

Tampilkan Komentar